Seven Havens Villa di kawasan Pantai Selong Belanak, Lombok, Nusa Tenggara Barat ini dirancang oleh arsitek terkenal, Budi Pradono. Jika Anda mengenal Budi Pradono, Anda akan tahu bahwa dia tidak akan pernah mau mengerjakan proyek tanpa tantangan. Saat ini memang baru tiga dari tujuh kamar yang direncanakan. Ketiga kamar yang tersedia diberi nama Haven of Serenity, Haven of Tranquility, dan Heavenly Haven.

Ciptakan Elemen Ikonik

“Saya senang sekali karena ibu Wulan, pemilik villa ini, berani membuat bangunan yang tidak biasa. Salah satunya adalah soal pemilihan rammed earth sebagai material utama bangunan,” ujar Budi Pradono. Rammed earth adalah material campuran yang terdiri dari tanah liat, pasir, semen, air, jerami, dan bahan istimewa terakhir, kotoran ternak. Terdengar aneh? Sebenarnya tidak. Rammed earth sudah banyak digunakan di berbagai wilayah di dunia sejak jaman dulu. Kualitasnya sudah teruji dan yang paling penting ramah lingkungan. “Saya memilih rammed earth karena semua materialnya tersedia di tempat ini dan sesuai dengan kondisi cuaca Lombok,” jelas Budi Pradono.

“Justru pelancong dari luar negeri yang lebih kenal dinding rammed earth ini. Mungkin karena di tempat mereka lebih sering dijumpai, terutama di Australia,” ujar Wulan, pemilik dari Seven Havens yang saat ini berdomisili di Hongkong. Walau tinggal jauh dari Lombok, diakui Budi Pradono, Wulan sangat peduli soal desain villanya. Wulan pula yang berkeras ingin memakai kontainer bekas untuk menciptakan elemen ikonik. Bisa dibayangkan kesulitan saat proses menaikkan kontainer tersebut ke puncak bukit yang terjal. Namun arsitek dan klien yang sama-sama nyeleneh ini tidak mau kompromi.

Untuk membuat sunscreen pada bagian depan villa, Budi Pradono tetap mengacu pada ketersediaan material setempat. Budi Pradono  memilih bambu. Selama sekitar dua mingu bambu tersebut direndam air laut sebagai proses pengawetan agar tidak digemari serangga. Selanjutnya bambu tersebut disusun dan dicat untuk menjadi bidang penghalang yang memberi privasi pada ruang-ruang dibaliknya. Di dalam ruangan, bambu juga digunakan sebagai dinding bagian atas. Kita bisa melihat paduan banyak material ini pada kamar Heavenly Haven yang berada di lantai atas.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.