Railing merupakan elemen material konstruksi yang berfungsi untuk pegangan sekaligus pagar. Selain itu, railing juga bisa membuat tampilan tangga, balkon, serta teras rumah jadi lebih indah. Dengan kebutuhan akan kesesuaian desain tersebut, maka pemilihan material untuk railing juga bisa menentukan karakter khas dari sebuah gaya desain yang ingin ditampilkan. 

Sebagai bahan referensi, berikut adalah beberapa material yang bisa digunakan untuk membuat railing yang bagus dan menarik bagi tangga, balkon, serta teras.

Metal
Beragam jenis metal dari mulai stainless steel, besi, hingga aluminium bisa digunakan sebagai material railing untuk tangga, balkon, dan teras. Metal juga tergolong material yang populer untuk digunakan sebagai material railing. Material ini bisa menghasilkan berbagai model yang bisa disesuaikan dengan gaya desain rumah.

Misalnya, untuk rumah bergaya klasik, kita bisa menggunakan stainless steel atau besi yang dibentuk untuk menampilkan beragam ornamen. Untuk bergaya desain modern, bisa menggunakan stainless steel atau aluminium dengan bentuk-bentuk yang minim ornamen.

Kayu
Railing kayu memiliki karakter yang kuat pada tampilannya, termasuk material yang sering digunakan untuk material railing. Keunggulannya adalah mudah dibentuk dan memiliki bobot yang lebih ringan. Sangat cocok untuk railing tangga, balkon, dan teras yang ingin menampilkan kesan natural dengan cara mengekspos serat kayunya.

Kekurangan dari material ini adalah rawan terhadap cuaca yang bisa mengakibatkan lapuk dan juga serangan rayap. Tidak cocok untuk railing pada tempat yang terbuka atau yang tidak terlindung atap.

Batu alam
Batu alam yang sering digunakan untuk railing pada tangga, balkon, dan teras biasanya adalah marmer. Tampilannya sangat mewah, biasanya cocok untuk rumah-rumah bergaya klasik yang elegan. Railing jenis ini umumnya dibentuk dengan model-model tertentu. Kekurangan yang dari material railing batu alam adalah harganya yang tergolong mahal.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.