Ketika mendesain interior, entah itu menata furnitur ataupun mengecat ruangan, Anda pasti pernah mendengar orang lain berkata tentang mitos-mitos terkait hal yang tengah Anda lakukan. Faktanya, memang banyak orang yang percaya terkait mitos-mitos dalam mendesain interior, khususnya dalam hal pewarnaan. Namun lebih baik, Anda memahami dulu secara benar alasan mitos-mitos tersebut sebelum memercayainya.

Supaya tidak terjebak mitos yang menyesatkan, baiknya Anda baca penjelasan di bawah ini. Sebab, poin-poin berikut akan menerangkan tentang beberapa mitos terkait pewarnaan interior yang berkembang di masyarakat, serta penjelasannya secara ilmiah.

Warna pastel membuat ruangan lebih feminin

Selama ini, kebanyakan orang menganggap kalau warna-warna pastel hanya dipakai untuk menghadirkan kesan feminin. Padahal, jenis warna ini bisa menjadi pelengkap untuk warna-warna yang lebih tua. Caranya, pilihlah warna pastel favorit Anda pada beberapa furnitur di dalam ruangan, lalu gunakan nuansa warna yang lebih tua dari warna yang telah Anda pilih untuk bagian lain di dalam ruangan.

Warna putih akan membosankan

Warna putih diklaim mampu membuat ruangan terasa lebih luas. Namun, ada mitos yang menyebut kalau warna ini sebaiknya tidak diterapkan pada dapur. Soalnya, dapat membuat ruangan tersebut terasa membosankan.

Pada kenyataannya, warna putih tetap mampu membuat dapur terlihat menarik. Namun, warna ini memang mudah kotor oleh berbagai hal seperti cipratan minyak saat memasak, air cucian piring, dan lain sebagainya. Mungkin inilah yang dimaksud dari mitos di atas. Maka agar tidak mudah kotor, kolaborasikan warna putih dengan warna lain pada area-area tertentu.

Setiap ruangan di rumah harus memiliki warna berbeda

Anda perlu mewaspadai mitos ini! Sebab, mitos ini dapat membuat rumah Anda terlihat seperti tempat sirkus. Sebenarnya, Anda tidak perlu sedramatis ini dalam memilih warna untuk tiap-tiap ruangan di dalam rumah. Bila memungkinkan, pilihlah warna-warna yang berbeda namun tetap dalam nuansa yang sama supaya interior rumah menjadi terasa mengalir.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.