Untuk proyeknya kali ini, Moudy, arsitek dari Monoarch bercerita, pemilik rumah ingin ruang khusus, seperti ruang doa, janitor di tiap lantai, ruang belajar luas untuk tempat les, kantor, area bilyar bahkan ruang bermain anak, selain kebutuhan ruang umumnya. Ruang-ruang tersebut harus ditempatkan dalam posisi terbaik menurut Feng shui dengan cahaya dan udara yang cukup. Moudy mensiasati dengan menentukan gubahan massa, mengolah ruang luar. Baru menentukan posisi ruang sesuai kaidah feng shui.

Desain Rumah Sesuai Kaidah Feng Shui

Bagian paling utama rumah ini justru ada di lantai dua. Terdapat ruang duduk, ruang makan, dapur bersih dengan akses ke kolam renang dan area bilas serta dua kamar tidur anak yang harus diletakkan di bagian depan sesuai feng shui. Tangga menuju ke kamar tidur utama dan kantor diletakkan tersembunyi dari ruang keluarga, sehingga tidak membuat sungkan keluarga saat tamu datang. Moudy menyebut pemilik sangat perhatian tentang kebutuhan pada ruang, tetapi menyerahkan tampilan rumah kepadanya. "Mereka ingin rumah modern. Untuk kesan beda, saya adopsi atap Jonglo untuk menguatkan konsep rumah arsitektur modern tropis," kata Moudy.

Penerapan konsep modern tropis dalam arsitektur, rupanya dijadikan acuan interior yang dikerjakan Heny Suito dari ADP Interior. Heny Suito memulai pekerjaannya dengan mengetahui kebiasaan sehari-hari keluarga. "Informasi ini penting untuk menentukan jenis furnitur, area penyimpanan, dan perletakkannya selain saya juga perlu tahu apa warna kesukaan masing-masing keluarga," jelas Heny Suito.

Karena sang istri adalah teman dekat, mudah bagi Heny Suito untuk mengorek informasi yang lebih detail, tanpa perlu mengadakan sesi wawancara formal. "Keluarga ini suka sekali unsur kayu. Unsur ini terasa sangat dominan kan? Material kayunya beragam, dari solid hingga veneer. Finishing warna saya memilih hanya warna soft gold untuk kesan hangat," ujar Heny Suito yang memberi ide seluncuran dari ruang belajar menuju ruang bilyar dan ruang bermain anak.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.