Walikota Bogor, Bima Arya tinggal di sebuah rumah yang suasananya masih alami dengan area persawahan dan pepohan besar yang tumbuh rindang. Fasad bangunan dominasi putih dengan konsep heritage. Sekilas seperti bangunan tempo dulu yang banyak dijumpai di Bogor. Hanya saja bangunan ini masih baru dan kokoh dengan lantai bawah yang menyerupai basement.

Tidak hanya bangunan yang khas, area pekarangan pun terasa berbeda karena tidak ada dinding pembatas atau pemisah antara rumah Bima dengan kediaman keluarga besarnya. Semuanya menjadi satu pekarangan luas dengan penataan taman sederhana. Hanya ada pohon-pohon besar dan beberapa tanaman mengelilingi rumah, bahkan menyatu dengan lahan kosong. 

Berikut ini beberapa yang khas dari rumah Bima Arya.

1. Fasad berkonsep heritage
Fasad bangunan dominasi putih dengan konsep heritage. Sekilas seperti bangunan tempo dulu yang banyak dijumpai di Bogor. Hanya saja bangunan ini masih baru dan kokoh dengan lantai bawah yang menyerupai basement.memiliki dua lantai dengan lantai bawah berada lebih rendah dari permukaan tanah. 

2. Becak di taman
Di bagian depan, terdapat elemen dekorasi berupa becak dan bangku taman. Tidak hanya sebagai pemanis, elemen ini bisa difungsikan sebagai area duduk. Masih di area yang sama, terdapat meja yang terbuat dari belahan kayu utuh. Terdapat kursi outdoor berbahan besi untuk melengkapinya. 

3. Ruang perantara
Setelah melewati pintu utama, kami mendapati ruang perantara dengan credenza dan cermin berbingkai ukiran. Di sebelahnya terdapat ruang duduk untuk menerima keluarga dekat atau melakukan aktivitas ringan.

4. Ruang keluarga, area favorit
Linear dengan ruang perantara, ada ruang keluarga. Ukurannya cukup luas, karena memang biasa digunakan menerima keluarga dekat atau berkumpul dengan anak-anak di sela waktu senggang. “Tidak ada pembatas ruang yang membedakan fungsi. Semua dibuat terbuka, karena memang dibiasakan untuk berkumpul di area ini,” tambah Yane. 

5. Kamar tidur, dapur, dan ruang makan
Tepat berhadapan dengan ruang keluarga terdapat area private: tiga kamar tidur, ruang makan, dan dapur. Layout kamar dibuat dapat mengakses ruang makan dan dapur. Jadi pemilik kamar tidur bisa leluasa menuju kedua ruang tersebut. Area private disembunyikan dengan akses berupa pintu, sehingga hanya anggota keluarga yang bisa masuk. 

6. Ruang tamu sekaligus perpustakaan
Ruang ini sangat luas dan tanpa sekat. Bima menyebutnya sebagai area publik yang bisa digunakan untuk menerima tamu dalam jumlah yang banyak. Terdapat perpustakaan yang menyimpan koleksi buku Bima sejak SMA hingga sekarang. Juga beberapa pajangan foto aktivitas Bima sebagai walikota.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.