Memilih jenis pompa yang cocok untuk rumah sebenarnya tidak terlalu sulit. Terpenting, Anda mengetahui kebutuhan air di rumah, serta memiliki informasi yang akurat terkait pompa air yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Tanpa informasi itu, Anda bahkan penjual pun bisa kebingungan saat menentukan pompa air yang cocok untuk di rumah.

Nah, jika anda berniat membeli atau mengganti pompa air di rumah, mungkin tips berikut cukup bermanfaat.

Cek kedalaman air
Banyak orang yang sering mendapatkan informasi kurang tepat mengenai kedalaman permukaan air. Yang sering diberikan kepada mereka adalah kedalaman sumur, bukan kedalaman air dari permukaan sampai ke dasarnya. Pengetahuan terkait kedalaman air ini penting karena berhubungan dengan jenis pompa dan pipa air yang dibutuhkan. 

Untuk mengetahui kedalaman air, Anda bisa melakukannya dengan cara memasukkan paku yang diikat benang. Ulur benang sampai paku terasa menyentuh dasar, lalu tarik kembali dan lihat seberapa panjang benang yang basah. Panjang benar basah itulah kedalaman air di sumur Anda.

Jenis Pompa
Jika kedalaman permukaan air kurang dari 7 meter, maka pilihlah pompa sumur dangkal. Sementara untuk kedalaman 7-9 meter, sebaiknya memilih tipe semi jet pump. Jika permukaan air lebih dari 9 meter, maka disarankan untuk menggunakan jenis jet pump. Sedangkan untuk kedalaman lebih dari 20 meter, maka jenis yang disarankan adalah submersible.

Spesifikasi Pompa
Spesifikasi di sini lebih menyoroti daya hisap. Ingat, maksimal belum tentu optimal. Kendati daya hisapnya maksimal, namun bisa saja air yang diperoleh hanya 1 liter dalam waktu 1 jam. Hal ini tentunya tidak efisien. Contohnya adalah: spesifikasi yang dicantumkan produsen biasanya 11 meter untuk semi jet pump, padahal idealnya adalah untuk kedalaman 7-9 meter.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.