Secara harfiah, pompa adalah mesin untuk menggerakan fluida (fase benda yang bisa berupa cair, gas, plasma). Pompa menggerakkan fluida dari tempat bertekanan rendah ke tempat lain dengan tekanan yang lebih tinggi. Dengan kata lain, pompa air bisa diartikan sebagai mesin untuk menggerakkan air dari tempat bertekanan rendah ke tempat lain dengan tekanan tinggi. 

Dalam kehidupan sehari-hari, pompa air atau yang juga akrab disebut water pump dipahami khalayak sebagai elemen yang berfungsi untuk menyerap sekaligus mendorong air. Pemahaman ini tidak salah karena memang demikian fungsi atau kegunaan dari pompa air.

Penggunaan pompa air pada rumah tangga di negara ini pun masih lebih dominan dibanding air dari perusahaan air minum daerah (PDAM). Sebab saat ini, PDAM baru bisa melayani kurang dari 50 persen rumah tangga di Indonesia. Terlebih, banyak juga rumah tangga yang tetap menggunakan pompa air meski mereka telah mendapat layanan PDAM.

Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, biasanya setiap rumah membutuhkan minimal satu unit pompa air untuk mendistribusi air dari sumbernya ke seluruh titik air dalam rumah. Sementara untuk memudahkan konsumsi air yang telah disedot pompa, biasanya dibangun tower air (toran) dengan ketinggian tertentu. 

Saat ini, banyak jenis pompa air rumah tangga yang beredar di pasaran. Produk pompa air itu terbagi ke dalam berbagai merk dan tipe. Ada yang buatan Eropa, Jepang, Korea, Tiongkok, hingga produksi lokal.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.