Jendela berfungsi sebagai sarana memasukkan cahaya ke dalam rumah. Dengan sistem buka dan tutup, jendela juga berfungsi sebagai sirkulasi udara, yang mengalirkan udara segar dari luar dan menghilangkan pengap dari dalam. Fungsi lainnya, jendela juga pembentuk desain fasad rumah, terutama jendela yang dibuat menjorok keluar.  Keuntungan desain ini, menghasilkan bay window atau ambang jendela yang bisa difungsikan untuk berbagai makna.

Berikut ini beberapa ide merancang bay window yang fungsional:

1. Penempatan rak buku 
Ambang jendela bisa dijadikan perpustakaan mini.  Dalam hal ini bagian bawah jendela bisa kita rancang rak sepanjang dinding untuk penempatan buku-buku.  Aktivitas memilih dan membaca buku bisa dilakukan dengan duduk di lantai, seperti ide dari My Domaine ini.

2. Ruang makan simpel 
Ruang makan simpel ini berada di bay window sebuah rumah bergaya modern.  Tempat untuk duduk terdiri dari dua jenis, bench yang merupakan sistem built-in di dinding bawah jendela, lainnya kursi makan biasa, dengan bentuk bundar untuk meja makannya.  Ide dari Bright Design Lab ini bisa dijadikan inspirasi.

3. Dapur dengan kitchen set 
Kitchen set di bay window membuat suasana memasak jadi menyenangkan, karena bisa sambil melihat pemandangan taman di luar rumah.  Pembuatan kitchen set tentu saja harus cermat, karena bentuk dan ukurannya mengikuti area menjorok bay window tersebut.  Anda bisa pilih kitchen set serba putih ini seperti yang disarankan Laurell Bern Interiors.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.