Kebanyakan anak biasanya sulit untuk disuruh mandi. Harus dipaksa dan sedikit menarik urat, barulah mereka mau membersihkan diri di kamar mandi. Namun ketika sudah di dalam, mereka biasanya malah bermain air dan tidak ingin mengakhiri kegiatannya. Hal ini cukup menunjukan bahwa kamar mandi memiliki kesan pertama yang kurang baik di mata anak.

Jika kondisinya seperti digambarkan di atas, tentunya akan selalu terjadi keributan kecil saat menyuruh anak mandi. Maka agar tidak seperti itu, baiknya Anda merancang atau menata ulang kamar mandi di rumah agar terlihat menarik bagi mereka. Hal-hal yang perlu Anda lakukan dalam hal ini antara lain:

Simpan kesukaan anak di kamar mandi


Setiap anak  umumnya memiliki benda atau karakter favorit. Maka agar mereka jalan tanpa beban ke kamar mandi, lengkapi dekorasi kamar mandi dengan benda atau karakter yang mereka suka itu. Contohnya, jika anak suka karakter superhero Batman, maka tempelkan wall sticker karakter pahlawan tersebut di sana. Dengan begitu, anak pun akan seolah diajak main saat mereka ke kamar mandi. Namun ingat, jangan terlalu berlebihkan karena itu bisa membuat anak enggan berhenti mandi atau main air di sana.

Sesuaikan material kamar mandi


Jika sudah ada hal menarik bagi anak di kamar mandi, pasti mereka pun tidak akan sulit disuruh mandi. Tapi sejurus dengan itu, kegiatan mandi pun jadi hal yang mereka tunggu-tunggu. Ini juga akan membuat anak rutin beraktivitas di kamar mandi. Maka agar tetap aman, sesuaikan material kamar mandi tersebut. Bila perlu, ganti material yang bisa menimbulkan licin agar mereka tidak mudah terpeleset.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.