Mempunyai anak kecil di rumah membuat kita ekstra keras menjaganya. Biasanya anak tersebut selalu penasaran dengan benda-benda orang dewasa termasuk peralatan elektronik bertenaga listrik. Yang mengkhawatirkan, kebanyakan dari mereka belum mengetahui bahayanya listrik. 

Untuk itu ada beberapa tips dari momjunction.com berikut ini sehingga Anda bisa mengedukasi seputar bahaya dan penggunaan listrik yang aman kepada anak-anak, berikut di antaranya:

1. Adakan sebuah rapat keluarga
Buatlah satu sesi khusus, misalnya dengan berdiskusi seputar bagaimana anak-anak menghadapi barang elektronik dan colokan listrik di rumah agar tetap aman. Cara penyampaian informasinya sebaiknya juga disesuaikan dengan umur anak. Anda juga bisa sampaikan dengan memanfaatkan buku cerita atau aplikasi di gadget. Dan semakin besar usia anak maka bisa disampaikan hal-hal yang lebih rumit dalam mekanisme listrik.

2. Bicara kepada anak bagaimana listrik bekerja
Periksa kabel listrik yang ada di sekitar rumah dan ceritakan bagaimana Perusahaan Listrik Negara (PLN) berupaya agar kabel-kabel tersebut tidak membahayakan warga. Ajak juga anak keliling rumah untuk mengetahui bagian rumah mana saja yang membutuhkan listrik. Tunjukkan mereka cara mencabut listrik yang benar dan ingatkan untuk selalu minta bantuan kepada orang dewasa. Ingatkan juga agar mereka tidak memasukkan apapun ke lubang tersebut.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.