Batu alam memang menjadi salah satu ornamen yang bisa menciptakan nuansa alami pada hunian. Untuk itu, banyak orang yang memilih batu alam sebagai elemen dekorasi. Tapi sebelum memasang batu alam di rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Ini agar tampilan batu alam terlihat cantik dan menawan.

Dua hal pertama yang perlu diperhatikan dan telah dibahas dalam artikel sebelumnya adalah sifat batu alam dan gaya atau konsep yang dimiliki rumah itu sendiri. Namun selain itu, ada hal lain yang juga harus diperhatikan, yakni anggaran dan bahan-bahan yang digunakan dalam mengaplikasikan batu alam itu sendiri. Berikut adalah penjelasan dari kedua hal tersebut.

(Baca juga : Percantik Rumah dengan Bunga Tulip, Bisa Kok!)

3. Menyesuaikan dengan anggaran

Harga batu alam sangat bervariasi. Kisarannya mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu per meter persigi. Di pasaran, biasanya harga batu alam akan dikombinasikan dengan harga pemasangannya. Untuk itu, Anda harus selektif dan melakukkan survei dahulu untuk mengetahui harga setiap jenis batu alam. Bila budget terbatas, Anda bisa mengkombinasikan batu sesuai dengan patokan harganya.

4. Cermati bahan-bahan yang digunakan

Saat memasang batu alam pada bagian rumah, hal yang harus dicermati adalah bahan-bahan pendukung seperti adonan semen atau spesi, bahan coating, dan ornamen. Biasanya, adonan atau spesi pemasangan bersifat khusus. Adonan yang khusus ini bertujuan agar batu tidak mudah terlepas dari bidangnya. Mengaplikasikan adonan pun harus memiliki teknik tersendiri, yang disesuaikan dari luas bidang yang akan dipasangi batu alam.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.