Sally dan Richard, warga negara Australia ini mempercayakan tanah yang dimiliki di kawasan Seminyak, Bali, pada Budi Pradono, arsitek. Budi Pradono pun merancang dengan desain unik dan terasa personal. Misalkan, menempatkan dapur justru di area paling depan rumah ini. Rumah ini pun dinamakan Villa Issi, yang artinya tidak kosong, tapi terisi.

Unique and Personal Design

Lantai dasar Villa Issi di Bali berisi ruang-ruang yang bisa diakses publik seperti ruang makan, dapur, pantry, dan living room. Pada area paviliun tamu, terdapat dua kamar yang berada di tengah taman yang hijau. Masing-masing memiliki kamar mandi sendiri. Dua kamar tidur utama yang dilengkapi dengan library berada di lantai atas. Salah satunya memiliki akses ke dek kayu yang memanjang ke atas taman.

Sebatang pohon menyembul dari bawah, menembus lubang pada dek yang tersusun dari kayu ulin ini. Kulit bangunan yang memiliki pola unik menjadi identitas kuat villa Issi. ‘Kulit logam’, dek kayu, hamparan rumput hijau, serta air kolam renang, menjadi kekayaan elemen yang ditampilkan Budi Pradono pada villa Issi. Budi Pradono membuat interior yang modern bernuansa kayu dengan menggunakan material lokal. “Sally dan Richard ingin interior yang simpel,” ujar Budi Pradono tentang klien yang kini menjadi temannya.

Budi Pradono mengaku tidak ada pertimbangan tren dalam menentukan konsep interiornya. Budi Pradono merasa tidak perlu mengikuti selera pasar walaupun bangunan ini dibuat untuk disewakan. “Kalau kita buat mengikuti tren, maka kita tidak akan terlihat menonjol. Bikin saja yang kita mau, maka orang akan melihatnya unik dan tidak ada di tempat lain,” tegas Budi Pradono tentang proyek yang dibangun dalam waktu tiga tahun ini. 

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.