Tempat sampah sudah ada di setiap ruangan. Tapi, rumah tetap saja terkesan berantakan. Ini bisa terjadi karena Anda hanya menempatkan tempat sampah, namun tidak memberi perlakun khusus pada perabot tersebut. Perlakukan khusus yang dimaksud adalah hal-hal yang perlu dilakukan setelah Anda menempatkan tempat sampah di setiap sudut rumah. Apa saja itu? Berikut adalah uraiannya (lanjutan dari artikel sebelumnya):

Ganti alas plastik

Setelah sampah pada tempat sampah terlihat penuh, jangan hanya buang isinya, melainkan juga plastik yang jadi alasnya. Setelahnya, pasang plastik baru ke dalam tempat sampah agar dapat langsung menampung sampah yang baru. Langkah ini perlu dilakukan agar kotoran dan bau sampah sebelumnya hilang sepenuhnya.

Bersihkan tempat sampah

Meski sudah dipasang plastik sehingga tempat sampah relatif bersih, bukan berarti Anda tidak perlu membersihkan tempat sampah sama sekali. Saat tempat sampah terlihat kotor, cucilah dengan air sabun. Selain supaya tampak bersih, pencucian ini juga bertujuan agar kuman penyakit tidak berkembang di dalam tempat sampah.

Terapkan Prinsip 3R

3R merupakan akronim dari Reduce, Reuse, Recycle. Dengan menerapkan prinsip 3R dalam pengelolaan sampah rumah tangga, Anda tidak hanya dapat meminimalisir sampah, namun juga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan. Baik itu lingkungan di sekitar rumah, maupun lingkungan sekitar yang lebih luas.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.