Kendati industri properti di sektor perumahan mengalami pelambatan dalam beberapa tahun terakhir, namun harga jual rumah tetap merangkak naik. Alhasil, konsumen pun kian kesulitan untuk mendapat rumah impian dengan harga yang sesuai harapan. Kalaupun ada, rumah tersebut tidak sesuai harapan dan lokasinya berada jauh dari pusat kota.

Namun, jika Anda mau berusaha mendapatkan rumah impian dengan lokasi dan harga yang seuai harapan, teruslah berusaha. Sementara untuk memudahkan Anda dalam mencari rumah tersebut, berikut ada beberapa tips mendapatkan rumah dengan harga murah:

Rumahnya sudah berumur

Maksudnya adalah rumah yang sudah tua dan sudah pasti harganya murah. Memang, bentuk bangunannya sudah tidak up to date. Tapi dengan sedikit sentuhan artistik, Anda pasti bisa mengubah tampilannya. Minimal, bagian dalamnya menjadi lebih nyaman dan modern. Namun ingat, Anda juga harus mempertimbangkan biaya perbaikannya saat membeli rumah tua.

Cari yang dijual cepat

Jika Anda rajin mencari penjual rumah melalui internet, koran, atau menelisik setiap perumahan yang ada, pasti selalu ditemukan rumah yang dijual cepat. Pemilik cenderung membutuhkan dana yang cepat karena kemungkinan dia akan pindah ke luar negeri atau luar kota. Rumah seperti ini biasanya dijual murah.

Cari perumahan baru

Perumahan baru, utama yang masih inden atau rumah belum dibangun, biasanya menawarkan harga pertama atau harga promosi. Tak hanya itu, akan ada diskon uang muka serta bonus-bonus lainnya. Biasanya, harga rumah ini mengalami kenaikan dalam waktu enam bulan hingga satu tahun setelah pertama kali ditawarkan. Ini peluang untuk mendapat hunian dengan harga murah sekaligus investasi yang baik.

Beli rumah lelang

Bank akan melakukan pelelangan rumah jika ada pemilik yang tak sanggup membayar KPR. Anda bisa bertanya kepada kenalan Anda di bank yang menyediakan KPR, tentang mana saja rumah yang kreditnya macet. Sebaiknya, sediakan cadangan setiap kali mengincar rumah lelang. Sebab biasanya, banyak yang tertarik membeli rumah lelang.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.