Satu hal yang bisa membuat rumah telihat lebih bersih adalah tempat sampah. Sebab dengan perabot tersebut, semua sampah terkumpul dalam satu wadah. Namun tak jarang, meski sudah ada tempat sampah, rumah tetap terkesan kotor. 

Sebenarnya, tempat sampah tak cukup hanya dihadirkan. Perlu perlakukan khusus agar rumah bisa terlihat benar-benar bersih dan bebas dari sampah. Berikut adalah penjabaran dari perlakukan khusus yang dimaksud:

Memasang kantong plastik
Jangan letakkan tempat sampah begitu saja, namun beri alas kantong plastik agar sampah tidak mengotori tempat sampah itu sendiri. Sebab tak jarang, meski tempat sampah kosong, namun bau busuk masih tercium dari perabot tersebut. Itu bisa jadi karena cairan sampah menempel dan mengerak pada tempat sampah sehingga selalu tercium bau tak sedap. Di samping itu, cara seperti ini juga akan memudahkan Anda dalam membuang sampah yang telah terkumpul sebelumnya.

Pisahkan sampah organik dengan anorganik
Lakukan pemisahan sampah berdasarkan jenisnya, organik atau anorganik. Pemisahan bisa dilakukan dengan menggunakan tempat sampah yang berbeda. Sampah organik adalah sampah yang terbentuk dari zat-zat organik dan dapat diuraikan seperti daun, sisa sayuran, dan lain-lain. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari benda-benda yang tidak dapat diuraikan, seperti plastik, kaleng, dan sebagainya. 

Buang sampah secara rutin
Apabila tempat sampah telah terlihat hampir penuh, segera ambil dan buang beserta plastik yang jadi alasnya.. Jangan menunggu hingga sampah melimpah dan keluar dari tempat sampah. Terlebih jika sampah basah, jangan biarkan lebih dari sehari. Inilah yang membuat rumah terkesan kotor atau jorok meski sudah ada tempat sampah di setiap ruangan.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.