Setelah memahami fungsi dan jenis tempat sampah dari artikel yang diposting sebelumnya, sekarang saatnya kita menentukan tempat sampah seperti apa yang cocok untuk di rumah. Ini penting agar tempat sampah bisa berfungsi sebagaimana mestinya, dan tidak mengganggu atau bahkan membantu menghadirkan kenyamanan di rumah

Berikut adalah tips memilih tempat sampah yang bisa jadi rujukan bagi Anda dalam menentukan tempat sampah yang cocok untuk di rumah:

Tentukan ukuran
Tempat sampah yang berukuran besar atau kecil? Baiknya tentukan ukuran ini sebelum Anda membeli tempat sampah. Sementara untuk memastikan ukuran kebutuhan tempat sampah ini, Anda bisa melihat ukuran ruangan penempatan tempat sampah, kebiasaan membuang sampah, serta volume sampah harian rumah tangga.  

Sebagai bahan pertimbangan, tempat sampah yang terlalu besar biasanya akan “mengalihkan fokus” sehingga membuat ruangan terkesan kotor dan berantakan. Sebagai gantinya, pilihlah jenis tempat sampah yang memiliki kapasitas sesuai dengan kebutuhan. Ini juga akan memudahkan Anda dalam perawatan tempat sampah tersebut..

Tentukan material
Setelah mengetahui ukuran, tentukan jenis material tempat sampah yang akan digunakan. Dalam hal ini, Anda bisa melihat jenis sampah yang sering muncul di rumah. Jenis sampah ini berkaitan dengan material tempat sampah itu sendiri. Sebagai contoh, Anda bisa memilih tempat sampah stainless steel untuk sampah basah. Ini akan membuat tempat sampah tidak mudah bocor sehingga tidak menimbulkan bau dan lebih awet.

Khusus untuk ruangan-ruangan dengan risiko kotor yang minim seperti kamar tidur dan ruang kerja, baiknya gunakan tempat sampah berbahan plastik. Sebab pada praktiknya, ruangan-ruangan tersebut tidak menghasilkan banyak sampah. Kalaupun ada sampah, itu hanya kertas dan plastik. Sampah jenis ini tidak berpotensi membuat ruangan jadi kotor atau bau.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.