Saat hendak pindah ke rumah baru, sering kali biaya menjadi kendala karena harus mencukupi dan dibagi dengan tepat. Soalnya, pindah rumah bukan hal yang sepele yang bisa dilakukan begitu saja. Butuh berbagai macam biaya yang total anggarannya pun tidak sedikit.

Maka itu, baiknya buat perencanaan anggaran pindah rumah jauh sebelum proses pindahan dilakukan. Ini untuk menekan pengeluaran supaya lebih efisien. Sebab jika dilakukan di saat mendesak, pengeluaran jadi lebih tidak terkontrol dan akhirnya lebih boros. Namun jika tidak tahu cara membuat atau bingung harus memulai dari mana, berikut ada strategi menghemat pengeluaran saat pindah rumah ala Founder TheSimpleDollar.com Trent Hamm, yang dikutip Home.co.id dari Dailyfinance.com.

1. Menjual

Hal yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengklasifikasi barang-barang Anda ke kategori sangat penting, penting, cukup penting, dan tidak penting. Langkah ini perlu Anda lakukan guna meminimalisir bobot barang yang akan dibawa ke rumah baru. Selain itu, untuk barang-barang yang masih layak pakai, cobalah untuk menjualnya melalui bazar atau membuat garage sale di halaman depan rumah. Selain jumlah barang pindahan berkurang, Anda juga bisa menambah pundi-pundi uang untuk biaya pindahan.

2. Menabung kardus

Jika waktu pindahan Anda tinggal tiga bulan lagi, maka mulailah berbelanja produk rumah tangga yang dibungkus dengan kardus. Atau, Anda bisa mendapatkan kardus secara cuma-cuma dari pemberian tetangga dan toko sembako langganan. Namun ingat, untuk barang-barang yang mudah pecah atau berharga, baiknya ditempatkan pada kardus yang kokoh dan tebal seperti kardus televisi atau air conditioner.

3. Do it yourself

Mobilitas tinggi dan minimnya waktu, membuat sebagian orang memilih untuk mempekerjakan tukang yang andal dalam urusan pindah rumah. Hal ini ternyata dapat membuat Anda boros. Cobalah untuk merapikan sendiri barang yang harus dibersihkan, dan rela menyempatkan satu atau dua jam setiap hari untuk melakukan pengepakan barang. Agar terasa lebih ringan dan menyenangkan, Anda bisa mengajak serta pasangan dan anak-anak, bahkan kerabat untuk mengerjakan kegiatan ini.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.