Ternyata, banyak faktor yang membuat Anda boros dalam hal pengeluaran bulan. Sebab tanpa disadari, beberapa kebiasaan yang rutin dilakukan di rumah pun nyatanya turut berpengaruh dalam hal ini. Kebiasan-kebiasan tersebut tentunya perlu Anda hilangkan agar berbagai tagihan tidak membengkak, dan pada akhirnya membuat pengeluaran tidak begitu besar.

Beberapa kebiasaan yang dimaksud adalah belanja online, tidak menutup keran air, dan menyalakan AC dalam durasi pendek. Adapun tiga kebiasaan lainnya yang turut berpengaruh besar pada pengeluaran bulanan antara lain:

Menyimpan stok cemilan

Anda boleh saja menyimpan stok barang dalam jumah besar, terlebih jika barang itu rutin digunakan. Namun baiknya, Anda tidak perlu melakukan hal ini pada makanan. Soalnya, tidak semua makanan yang disimpan sebagai stok akan dimakan. Sebagian dibuang karena busuk atau kadaluwarsa, sebagian lagi diabaikan. Ini tentu akan membuat pengeluaran Anda makin boros dari hari ke hari.

Mencuci berulang kali

Buat jadwal mencuci pakaian, misalnya setiap dua atau tiga kali dalam seminggu. Terpenting, hindari mencuci pakaian setiap hari. Selain membuat pemakaian air menjadi lebih boros, hal ini juga akan membuat sabun cuci cepat habis. Padahal, pakaian yang harus dicuci jumlahnya belum banyak. Di samping itu, ini juga akan membuat pemakaian listrik untuk mesin cuci jadi berlebih.

Menggunakan seluruh fasilitas internet

Jika Anda memasang WiFi di rumah, baiknya matikan mobile data pada smartphone Anda. Biarkan ponsel menggunakan fasilitas WiFi yang ada di rumah. Sebab jika seluruh fasilitas data tetap Anda nyalakan, Anda hanya akan menghabiskan data dari dua perangkat sekaligus. Ini sudah pasti membuat pengeluaran bulanan untuk keperluan paket data semakin besar.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.