Mantan model Kenova Arundhati kini bergiat di bidang rumah dan bangunan, dia mendirikan ARK Interior Indonesia yang bergerak di bidang interior, kontraktor dan konstruksi.  Rumahnya di kawasan Bintaro yang mungil dan hanya satu lantai, namun memberikan banyak inspirasi buat kita semua.

Rumah mungil itu luas bangunan tidak lebih dari 110 meter persegi. Kanan-kirinya berderet bangunan dengan fasad yang mirip. Namun demikian fasad kediaman Kenova Arundhati memiliki tampilan yang sedikit berbeda, karena  sudah mengalami renovasi minor pada beberapa bagian rumah.

Akses utama berada di tengah, dengan carport di sisi kiri, sedangkan area kanan taman yang hanya ditumbuhi rumput. Dengan luas tanah 120 meter persegi dan bangunan yang terbatas, rumah terbilang mungil. “Rumah standarnya itu hanya ada dua kamar tidur, dengan bagian belakang masih terdapat sisa lahan,” terang Kenova.

Rumah yang ditempati sejak 2006 ini, direnovasi pada 2012 dengan perbaikan minor. Bangunan utama tetap dipertahankan dan hanya dikembangkan di belakang, serta penambahan kamar tidur. Meski sedikit ada penambahan, secara ukuran rumah tetap terlihat mungil.

Untuk menghilangkan kesan sumpek dan terbatas, Kenova membongkar dinding masif di bagian tengah. Secara layout ruang, rumah menjadi terbagi menjadi dua sisi, kiri untuk ruang privat berupa dua kamar tidur, dan publik, ruang keluarga dan dapur. Kamar tidur standar di bagian depan saat ini digunakan sebagai ruang kerja, sedangkan kamar tidur asisten rumah tangga menempati sisi area servis. 

Kamar tidur memiliki ukuran yang cukup, termasuk kamar tidur utama dan anak. Pada salah satu kamar juga dibuatkan lemari pakaian yang cukup besar untuk menampung pakaian, tas, sepatu, dan kebutuhan lainnya. “Luas yang terbatas harus bisa dimanfaatkan dengan maksimal,” kelakar Kenova. 

Di sisi yang berbeda terdapat ruang terbuka yang dijadikan area publik, yang memanjang dari pintu utama. Terdapat foyer dengan meja dan rak pajangan, fungsinya menyimpan beragam koleksi aksesori rumah. Tepat di tengah  terdapat ruang keluarga, seperangkat sofa, meja, dan televisi menemani area ini. Di sisi belakang terdapat dapur kering dengan kombinasi meja makan.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.