Meski lebar lahan rumah hanya 16 meter persegi, tapi Alex Damar, arsitek dan Ratna Darmawan, lighting designer SSA lighting mampu mewujudkan keinginan pemilik rumah yang menginginkan rumah dengan inner courtyard berupa kolam renang dan ditata dengan lighting yang menarik.

Feel the Warm Ambiance

Selain arsitektur dan pembagian setiap ruang di dalamnya, yang paling menarik dari rumah ini yakni penataan lighting yang dilakukan Ratna Darmawan, lighting designer. Memiliki klien yang menuntut kemudahan di rumahnya,  Ratna Darmawan tidak menggunakan sistem tertentu untuk mengontrol lighting-nya.  Semua ruang masih dinyalakan dengan saklar. Dimmer yang digunakan juga manual.

Sesuai petunjuk dari nyonya rumah, Ratna Darmawan  hanya menambahkan beberapa lighting spot untuk area lukisan.  Untuk area reflecting pool, Ratna Darmawan  menggunakan sistem pencahayaan kabel optik untuk mendapatkan suasana elegan saat malam. “Sistem kabel optik adalah sistem pencahayaan menggunakan satu lampu yang cahayanya menyebar lewat kabel seperti senar yang dipasang mengelilingi area kolam. Sistem ini lebih tahan lama, terjangkau, dan aman. Karena tidak menggunakan listrik, senar yang terendam air tidak akan korsleting,” jelas Ratna Darmawan.

Sebagai focal point, area reflecting pool harus lebih dominan dibandingkan bangunan yang mengelilinginya, apalagi saat semua penerangan dinyalakan. “Terpikir dalam benak saya, bahwa rumah ini seperti sebuah resort. Karena itu saya menggunakan pencahayaan berkesan warm yang tidak menyilaukan, mengimbangi suasana cool dari reflecting pool yang terlihat dari semua sisi,” sambung Ratna Darmawan.

Ratna Darmawan melihat potensi taman depan dengan pohon-pohon kamboja yang diberi pencahayaan agar lebih menarik dan dramatis. Ramp pun tidak luput dari perhatian. Bagian ini diberikan pencahayaan yang mengarahkan hingga ke pintu utama.  Bagian paling menonjol adalah kaca besar yang memperlihatkan area tangga menuju ke lantai dua. Bagian ini dibuat menarik dengan memanfaatkan pencahayaan dari dalam ruang yang menampilkan chandelier karya designer serta deretan railing kayu yang dipasang berjajar dan memantulkan cahaya yang mengenainya.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.