Kolaborasi Dirikan Decova Interior

Cukup menimba ilmu dan bekerja di bidang interior bersama, Jerswind dan Idawati sepakat untuk mendirikan konsultan interior pada 2009. Pasangan suami-istri ini mantap untuk bekerja sama dan saling melengkapi. Jers dengan latar belakang desain interior, sedangkan Ida arsitek.

Fokus interior

Menimba pengalaman di tempat lain menjadi bekal pasangan ini untuk fokus mendirikan konsultan interior. Keduanya sama-sama pernah bekerja di tempat yang berbeda, namun di bidang yang sama, yakni interior. “Keputusan ini untuk memberi tantangan sendiri dan menggali potensi yang kami miliki,” kisah Jers. Proyek perdana juga tidak jauh berbeda saat masih bekerja dengan orang lain. Proyek rumah milik perorangan yang didekorasi Decova Interior.

Hanya fokus pada interior, bukan berarti Jers dan Ida menolak jika ada klien yang minta dibangunkan rumah hingga pengisinya. Proyek arsitektur juga akan tetap diterima, karena memang memiliki rekanan di bidang ini. Sebagian besar proyek interior yang ditangani Decova Interior berada di Barat Jakarta seperti PIK, Taman Palem, merambah Kelapa Gading, dan luar kota seperti Batam.

Mengalir alami

Pekerjaan yang ditangani Decova Interior mengalir alami seperti aliran air. Keduanya tidak membebankan pada jobdesk kaku yang harus ditentukan sebelumnya. Justru sebaliknya, diskusi panjang dan perdebatan kecil untuk mendapat desain yang pas kerap terjadi.

Bekerja berdua bukan berarti lancar-lancar saja. Adakalanya ketika mendapat klien awam, mereka kesulitan untuk memberi penjelasan. Misal ada klien yang sangat berpatokan pada gambar 3D dan berharap furnitur yang dihasilkan bisa 100 persen sama. Baik material, warna, dan motif. Terkadang bisa terjadi mis-persepsi. “Penjelasan dengan gambar akan sulit dipahami orang awam. Ini menjadi tantangan buat kami dengan pendekatan tertentu untuk menyampaikan dan menjelaskan,” jelas Ida.

Karakter yang dibentuk Jers dan Ida, fokus pada pemilihan warna dominan. Decova Interior memilih dua warna alami seperti warna kayu dan putih. Permainan dua warna ini akan ada di setiap karya yang dibuat. “Warna kayu untuk memberi kesan hangat, putih lebih netral dan mudah diterima. Tapi jika ada pesanan warna tertentu kami juga akan bantu untuk mengarahkan, sehingga karya yang dihasilkan bisa lebih tepat,” papar Ida. Hingga saat ini Decova lebih banyak mendesain rumah dengan gaya yang simpel, modern, dan minimalis.